10 Bahan Pembersih Agar Dinding Kembali Kinclong

0

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat.  Karena masih suasana pandemi, sebaiknya kita merayakannya di rumah saja bersama keluarga inti. Meski tidak beramai-ramai, kita tetap bia menghadirkan suasana hari raya yang ceria, dengan membuat tampilan rumah tampak beda dari hari-hari biasa. Salah satu caranya adalah dengan membuat tampilan dinding rumah kembali bersih dan kinclong.

Banyak sebab, dinding eksterior atau interior tampak kusam dan kotor. Pertama karena banyak debu yang menempel. Selain itu, terutama pada interior, karena kegiatan para anggota rumah tangga di dalamnya. Seperti noda makanan, cipratan minyak saat memasak, makeup, mainan anak, dan banyak lagi lainnya.

Tak perlu buru-buru membeli cat dinding baru dan menutupinya secara instan. Selain lebih mahal, mengecat ulang rumah memerlukan waktu khusus, baik yang dilakukan oleh tukang, apalagi diri sendiri.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan dinding rumah, dengan bahan-bahan yang  mudah dan ada di rumah. Berikut ringkasannya.

1. Vacuum cleaner

Gunakan perangkat ini untuk menghilangkan kotoran, debu dan jaring laba-laba yang ada di dinding. Terutama di sudut-sudut yang sulit  terjangkau. Jangan menempelkan bagian penghisap langsung ke pada permukaan dinding, karena bisa merusak lapisan cat apalagi wallpaper. Ambangkan sedikit pipa penghisa, dan biarkan vacuum menghisap kotoran di dinding secara perlahan dan dari jarak yang aman.

Kalau tidak ada vacuum cleaner, bisa juga menggunakan sapu atau sikat berbulu halus. Perangkat ini juga mampu membersihkan debu dan jaring laba-laba yang ada di dinding, terutama sudut-sudut.

2. Penghapus pensil

Sudah tak heran jika dinding rumah sering kali menjadi sasaran anak-anak dalam “berkreasi”. Dinding yang semula bersih, menjadi penuh coret tak beraturan. Penghapus bisa menjadi trik klasik untuk membersihkan dinding dari kotoran yang bersifat ringan, macam coretan dari pensil. Karena bentuknya kecil, penghapus memang hanya efektif untuk membersihkan bidang kecil. Jangan terlalu keras saat menggosoknya ke dinding, agar lapisan catnya tidak rusak.

 

3. Sabun cuci piring

Larutkan sedikit sabun cuci piring dengan air, lalu gunakan kain atau spons bersih yang sudah dibasahi larutan tadi untuk  membersihkan dinding rumah dari kotoran ringan yang berasal dari sidik jari tangan, jejak kaki, atau noda ringan lainnya. Jangan menggosok terlalu keras, agar lapisan cat dinding umah tidak rusak.

4. Cairan alkohol

Selain bermanfaat sebagai obat, alkohol juga merupakan cairan pembersih serbaguna, salah satunya untuk membersihkan dinding yang kotor. Cukup tuangkan alkohol ke kapas yang bersih, lalu usapkan ke kotoran yang ada. Gunakan gerakan memutar agar proses pembersihan dapat berlangsung lebih cepat.

5. Cuka buah

Bersifat asam, cairan cuka buah mampu membersihkan noda yang cukup berat, misal cipratan minyak Tuang cairan ke dalam wadah, kemudian celupkan kain dan mulai pelan-pelan me lap permukaan dinding yang memiliki kotoran. Lagi-lagi, jangan menggosok terlalu keras; lembut tapi pasti.

6. Baking soda

Baking soda menjadi bahan serbaguna yang ampuh membersihkan kotoran pada dinding. Hanya perlu menaburkan baking soda pada kain yang sudah dibasahi untuk kemudian dilap pada permukaan dinding yang terkena kotoran. Lakukan langkah ini dengan hati-hati, karena kalau terlalu keras akan membuat warna dinding memudar.

7. Mayonaise

Tak disangka, salah satu bumbu siap pakai ini juga ampuh untuk membersihkan dinding dari kotoran. Caranya mudah, oleskan mayonaise ke permukaan dinding yang kotor, tunggu beberapa menit, lalu siram atau dilap dengan kain bersih yang lembab.

 

8. Pasta gigi

Cara praktis lainnya adalah dengan mengusapkan pasta gigi pada permukaan dinding yang kotor. Diamkan beberapa detik, lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi yang telah dibasahi.

9. Bedak bayi

Bedak bayi ternyata mengandung bahan alami yang mampu melenyapkan kotoran berbahan minyak. Cukup campurkan bedak bayi dengan air menjadi bentuk serupa pasta, lalu usapkan pada permukaan dinding yang kotor. Gosok dengan lap lembab atau sikat halus.

10. Buah lemon

Sudah sejak lama buah lemon dikenal sebagai bahan pembersih alami yang ampuh, termasuk mengangkat kotoran membandel. Caranya, potong buah lemon secara melintang menjadi dua bagian, lalu gosokkan daging buah lemon ke permukaan dinding yang terkena noda, hingga bersih seperti semula.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking