7 Inspirasi Dak Jemuran Minimalis Untuk Rumah Mungil

0

Dak Jemuran Minimalis – Rumah yang tidak terlalu besar ataupun mungil mewajibkan pemiliknya buat berpikir lebih inovatif dalam memperhitungkan bagian tiap ruangan.

Penyusunan yang pas pastinya bakal membuat hunian menjadi semakin menyenangkan untuk ditempati.

Dapur, ruang untuk menerima tamu, kamar tidur serta kamar mandi merupakan beberapa ruangan dalam rumah yang sering jadi fokus penting si empunya hunian.

Umumnya para pemilik hunian mempertimbangkan konsep serta penyusunan ruangan tersebut secara matang.

Hal yang sering dilupakan pemilik rumah.

Tapi biasanya, sering sekali para owner rumah melupakan ruangan-ruangan yang sebenarnya tidak kalah penting. Salah satunya merupakan ruang yang digunakan untuk mencuci dan menjemur.

Membersihkan serta menjemur pakaian merupakan kegiatan sehari-hari yang lumrah. Sebelum dikenakan kembali, setelah dicuci pakaian harus dikeringkan terlebih dahulu.

Salah satu hambatan dalam menaruh jemuran merupakan tidak terdapatnya tanah di luar rumah yang luasnya mencukupi.

Dengan memaksimalkan atap yang didak atau balkon, kamu dapat mensiasati keterbatasan lahan yang biasa terjadi di rumah minimalis.

Penempatan jemuran kerap kali dicoba di bermacam bagian ruang di rumah dengan cara asal, selama terpapar sinar matahari.

Yang biasa terjadi, jemuran ditempatkan di bagian belakang rumah. Dimana sebetulnya bagian belakang rumah dapat dimanfaatkan untuk taman ataupun tempat keluarga berkumpul.

Cara mengatasi keterbatasan lahan.

Metode tergampang mengatasi hal ini adalah dengan cara menaruh ruang jemuran di lantai atas. Bermodalkan tangga putar yang tidak memakan banyak tempat untuk naik turun saat hendak menjemur baju di loteng.

Baiknya bagian loteng ini letaknya tidak terlalu jauh dengan ruangan servis lainnya seperti tempat mencuci ataupun dapur.

Sehingga pembagian ruangan didalam hunian antara zona umum, zona yang lebih privasi atau zona servis menjadi lebih jelas. Apabila hunian telah di-desain sebagai hunian dua lantai, tentu hal ini lebih bagus.

Namun apabila hunian memang tidak dirancang sebagai hunian dua lantai pun tidak menjadi masalah, cukup tambahkan dak atau lantai beton di bagian loteng dan gunakan tangga putar kecil sebagai akses naik turun saat akan menjemur.

Dak jemuran minimalis

Akhir-akhir ini, dak ataupun lantai beton merupakan salah satu material yang menjadi favorit banyak orang saat membuat rumah.

Tidak cuma berfungsi sebagai atap hunian, dak taupun lantai beton yang datar ini pun bisa digunakan buat bermacam keperluan, salah satunya difungsikan untuk tempat mencuci serta menjemur.

Tidak hanya sebatas ruang untuk menjemur, namun bagian di atas rumah itu pula bisa digunakan buat bermacam perihal, semacam menaruh toren air, beberapa barang, sampai tempat terkumpul.

Berikut tujuh inspirasi Desain dak jemuran minimalis yang bisa kamu aplikasikan di rumah minimalis.

1. Dak Jemuran Rumah Minimalis Semi Terbuka.

Dak Jemuran Rumah Minimalis Semi Terbuka
sumber: gambarrumah.com

Sedikit berlainan dengan konsep sebelumnya, tipe dak yang satu ini menggunakan dinding ataupun sekat yang tidak terlalu tinngi. Tidak hanya itu, konsep dak jemur ini pun tidak memiliki atap.

Di zona ini, kalian pun dapat menempatkan bangku serta meja sebab bisa dijadikan zona bersantai.

Namun, karena tidak menggunakan atap, maka area ini tidak terproteksi dari sengatan sinar mentari ataupun hujan.

2. Dak Jemuran Rumah Minimalis Tertutup.

Dak Jemuran Rumah Minimalis Tertutup
sumber: rumahminimalisoi.com

Umumnya Dak Jemuran Rumah Minimalis tipe ini dibuat terbuka tanpa ada sekat disekelilingnya.

Perihal ini bisa jadi membuat sebagian orang merasa kurang nyaman karena kegiatan yang dilakukan bisa terekpose. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencoba untuk menambahkan sekat ataupun tirai supaya privasi kamu tetap terjaga.

Atau kalian boleh juga menggunakan kacanako supaya hawa serta angin dapat mengalir lewat sela- sela nako, alhasil bisa membantu proses pengeringan saat menjemur.

Atap kanopi juga biasa kalian tambahkan sebagai proteksi dari hujan maupun panas matahari, tambahkan pula asbes atap di dak itu.

3. Dak Jemuran Minimalis dengan Atap Dak.

Dak Jemuran Minimalis dengan Atap Dak
sumber: grid.id

Tidak hanya kanopi, untuk melindungi ruang cuci – jemur ini juga bisa dengan menambahkan dak sebagai atapnya. Atap dak bisa mencegah mesin cuci dari terkena air hujan serta paparan cahaya mentari dengan cara langsung.

Untuk menambahkan keindahan pada ruangan ini dan meningkatkan kenyamanan, kalian juga bisa memesang keramik di area ini.

4. Dak Jemuran Minimalis Atap Transparan.

Dak Jemuran Minimalis Atap Transparan
sumber: grid.id

Cuma terdapat zona yang tersisa di lantai atas hunian? Tidak perlu takut, area yang mungil ini tetap dapat dimanfaatkan sebagai dak minimalis untuk kegiatan mencuci serta menjemur.

Supaya jemuran dapat kering secara cepat namun aman dari air hujan, kalian dapat memakai atap kanopi yang tembus pandang. Cahaya mentari bisa tetap masuk kedalam area dan membantu cucian untuk kering dengan lebih cepat.

Demikian juga saat musim penghujan kalian tidak perlu takut karena ruangan ini tetap terlindungi dari curah hujan.

5. Dak Jemuran Minimalis Atap Kaca

Dak Jemuran Rumah Minimalis Atap Kaca
sumber: helloshabby.com

Konsep dak jemur rumah minimalis berikutnya memakai atap tembus pandang / kaca dan rangka dari besi. Karena menggunakan kaca sebagai atapnya, maka pakaian yang dijemur pun akan lebih cepat kering.

Apabila kalian menggunakan model jemuran portable yang bisa dipindah-pindah, maka dengan hanya menambahkan bangku ataupun meja kecil area ini juga bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

6. Dak Jemuran Minimalis Tertutup dengan Roster

Dak Jemuran Minimalis Tertutup dengan Roster
sumber: keramikmodel.blogspot.com

Konsep dak jemur selanjutnya tampaknya memang menjadi impian banyak pemilik rumah.

Tidak hanya bagian atapnya aman dengan atap tembus pandang privasi si pemilik juga terjaga karena tipe ini menggunakan dinding yang tinggi.

Konsep daknya juga amat istimewa serta menarik dengan bonus roster di salah satu dindingnya.

7. Dak Jemuran Minimalis Zona Laundry

Dak Jemuran Minimalis Zona Laundry
sumber: temonggo.com

Kalian pun dapat mengubah dak jadi laundry room. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas, dak difungsikan jadi tempat memebersihkan pakain, menjemur, hingga menyetrika. Buat kenyamanan kegiatan di zona itu, kalian dapat membuat bilik yang besar serta ditutup dengan asbes bagan besi serta cermin.

Itu dia beberapa konsep dak jemuran rumah minimalis. Mudah- mudahan postingan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Kawan Myhomes.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking