Bata Interlock Reka Brick Pemenang GDI of The Year 2022

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Gelaran tahunan Good Design Indonesia (GDI) 2022 telah mendapatkan pemenangnya dan menobatkan Bata Interlock Reka Brick sebagai peraih GDI of the Year 2022. Reka Brick adalah produk batu bata dengan teknologi saling mengunci (interlocking). Dengan teknologi ini, membuat penggunannya dapat menghemat waktu dan biaya pembangunan, sebab mengeliminasi bahan perekat dan tenaga ahli.

Selain Reka Brick, dewan juri juga memberikan penghargaan kepada 50 pemenang lainnya. Pemenang terbagi dalam tiga kategori yakni GDI of The Year, GDI Best Design, dan GDI Good Design. GDI of The Year diberikan kepada 1 produk, predikat Best Design diberikan kepada 10 produk, dan predikat GDI Good Desain diberikan kepada 40 produk.  Penyerahan penghargaan sudah dilakukan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, didampingi Ketua Dewan Juri GDI 2022 Pradipto Sugondo.

“Desain menjadi salah satu pemegang kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk. Desain tidak hanya berfungsi menambah estetika produk, tetapi juga dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen. Selain itu, untuk menghadapi persaingan di pasar global yang semakin kompetitif, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan,” ucap Zulkifli dalam kata sambutannya, pada acara  penganugerahan GDI  2022, di Jakarta (8/12).

Zulkifli juga memberi apresiasi secara khusus kepada Japan Institut of Design Promotion (JIDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) atas dedikasi, kolaborasi, dan kerja samanya dalam penyelenggaraan GDI. Kementerian Perdagangan RI, imbuh Zulkifli, berkomitmen untuk mengakselerasi peningkatan daya saing dan nilai tambah produk ekspor melalui pengembangan desain.

Untuk itu, pihaknya telah melaksanakan berbagai program pengembangan desain. Selain GDI, beberapa program utama di antaranya Klinik Desain dan Kemasan,  Pendampingan Desain atau Designers Dispatch Service (DDS), Fasilitasi Sertifikasi,  serta Pengembangan Merek. Kementerian ini juga memiliki wadah khusus bernama Indonesia Design Development Center (IDDC) yang telah diresmikan pada tahun 2016.

“Melalui berbagai program tersebut, diharapkan semakin banyak produk Indonesia yang meraih penghargaan desain baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini akan semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara penghasil produk dengan kualitas yang baik,” lanjut Zulkifli.

Kolaborasi dengan JIDP dan JETRO sudah berlangsung lama, karena GDI terkoneksi langsung  dengan  Good  Design  Award  (G-Mark)  di Jepang. “Keikutsertaan produk pemenang GDI pada G-Mark Jepang diharapkan dapat memberi dampak yang luas  terhadap peningkatan reputasi perusahaan dan produk, pengakuan dan kepercayaan konsumen, serta tentunya secara langsung mampu meningkatkan pemasaran produk, baik di pasar domestik maupun ekspor,” jelas Didi Sumedi, Direktur Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional.

Sebanyak 19 produk pemenang GDI 2022 dengan predikat Best Design dan Good Design telah mengikuti G-Mark di Jepang pada 4 Agustus 2022. Pada ajang internasional ini, beberapa pemenang GDI berhasil meraih penghargaan, yakni Menuju Tubaba karya desainer Andi Rahmat, dan Plana, sepeda karya desainer Singgih S Kartono.

Pradipto menyampaikan, GDI 2022 diikuti 493 pendaftar dan proses penjurian dilakukan secara ketat. Produk pemenang diwajibkan memasang  logo  GDI pada  produk  masing-masing dengan ketentuan warna merah untuk Good Design, warna perak untuk Best Design, dan warna emas untuk GDI of The Year. “Kami berharap para  pemenang  GDI  tahun  ini dapat menjadi pemompa  semangat para desainer untuk  senantiasa memberikan produk terbaik, sehingga produknya diterima di pasar lokal maupun mancanegara,” tandas Pradipto.

 

Artikel Terkait

Leave a Comment

Terpopuler