Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran

0

Lebaran 2022 tinggal menghitung hari. Sudah menjadi budaya di Indonesia merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman. Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama satu pekan atau lebih, acapkali membuat khawatir bagi pemiliknya.

Tak perlu ragu, simak tips berikut ini agar Anda bisa tenang berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

  • Pastikan rumah dalam keadaan terkunci

Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci dengan rapat. Ada baiknya menambah gembok untuk membuatnya lebih aman.

 

 

 

 

  • Cek keadaan listrik dan tabung gas pada kompor untuk mencegah kebakaran

Melepaskan colokan kabel dari lubang setrum listrik akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Pastikan juga selang gas sudah dicabut, karena bisa berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran jika terjadi kebocoran gas.

 

 

 

 

  • Kosongkan penampung air

Mengosongkan bak air, ember, atau wadah penampungan air merupakan cara untuk mencegah tempat bertelurnya nyamuk dan sarang penyakit. Lebih baik lagi dengan membalikkan posisinya. Dengan begitu, kesehatan rumah Anda tetap terjamin saat ditinggal mudik.

 

  • Nyalakan lampu rumah di titik tertentu

Anda tidak perlu menyalakan semua lampu rumah, cukup di beberapa titik saja agar rumah tidak terlihat gelap saat malam hari, misalnya di teras dan halaman rumah. Bila perlu, pasang lampu LED otomatis yang bisa menyala saat gelap dan padam saat terang.

 

  • Infokan kepada tetangga, atau melapor kepada RT setempat

Jangan lupa untuk menginfokan tetangga, melapor kepada petugas keamanan dan pemangku kompleks, bahwa Anda akan pergi selama liburan. Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif, sehingga mereka bisa menghubungi Anda jika ada hal penting.

Selamat mudik. Jaga keamanan dan keselamatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking