IndoBuildTech Kembali Digelar Secara Luring

0

Setelah sempat menyelenggarakan secara online pada tahun 2020, tahun ini kembali IndoBuildTech Expo digelar secara offline atau para peserta berpameran secara langsung dan bisa dikunjungi langsung. Dengan mengambil tema “Road To Recovery: Accelerating Infrastructure Development Towards Future Normal”, pameran tahunan terbesar di sektor industri building material dan interior ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), 17-21 November 2021.

IndoBuildTech Expo 2021 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi  Nasional (LPJKN), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII)  Jakarta, Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia (IABHI), Ikatan  Quantity Surveyor Indonesia (IQSI), Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO), dan  Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).

Diselenggarakannya kembali secara offline, menandai kesiapan para pelaku bisnis building material dan interior bersama seluruh pemangku kepentingan terkait, dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. Industri jasa  konstruksi sendiri adalah sektor yang mengalami  perlambatan karena pemberlakuan pembatasan mobilitas dan aktivitas masyarakat dalam rangka pengendalian dampak pandemi Covid-19. Di mana hal ini berdampak pada penurunan pasokan produk building material dan interior ke proyek konstruksi bangunan, juga infrastruktur.

Bertepatan dengan momentum pembukaan kembali secara bertahap berbagai sektor bisnis dan industri,  penyelenggaraan pameran ke-19 IndoBuildTech Expo 2021 ini merupakan sebuah gerakan nyata para  pemangku kepentingan (stakeholders) di sektor konstruksi dan terkait, untuk saling bersinergi, beraktivitas secara produktif dan berkontribusi terhadap pemulihan  ekonomi demi keberlanjutan pembangunan nasional di era normal baru. Mereka adalah para arsitek, desainer interior, kontraktor, perencana dan pemilik proyek serta para pelanggan produk building material dan interior.

Menurut Raditia Zafir, General Manager PT Debinto-ITE selaku pihak penyelenggara, kegiatan yang diselenggarakan secara luring (offline) ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan IndoBuildTech Development Forum yang diselenggarakan secara daring (online) pada kuartal II dan III tahun 2021.

“Penyelenggaraan IndoBuildtech Expo 2021 secara offline ini merupakan pameran yang pertama kali di Indonesia selama pandemi untuk sektor teknologi bangunan dan konstruksi. Event ini sekaligus sebagai bentuk kolaborasi dan kontribusi bagi pemulihan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) di Indonesia, sekaligus mendorong pemulihan bisnis dan industri building material, interior serta konstruksi,” jelas Raditia Zafir. Wujud kolaborasi dalam penyelenggaraan IndoBuildTech Expo 2021 ini antara lain penyelenggaraan Musyawarah Provinsi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta.

Hal senada juga dinyatakan oleh Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dalam kata sambutannya yang disampaikan secara daring, “Pemerintah terus mendorong industri MICE untuk terus survive dengan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi di masa kenormalan baru.”

Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, pameran tahun ini juga menampilkan ragam produk unggulan terkini dari para pemimpin pasar dengan merk-merk terkemuka, dan pengenalan berbagai inovasi baru yang menciptakan tren baru dalam aplikasi produk yang lebih ramah lingkungan, sehat dan efisien.

Guna menjamin kelancaran seluruh rangkaian program, penyelenggara menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi para pengunjung dan peserta pameran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking