Inilah 20 Pemenang Terbaik Good Design Indonesia 2021

0

Ajang kompetisi desain ternama, Good Design Indonesia (GDI) 2021 mencapai puncaknya, dengan terpilihnya 52 pemenang. Setelah melalui proses penjurian panjang, baik yang dilakukan secara luring dan daring, terpilih 20 pemenang GDI Best dan 32 pemenang peraih GDI. Dari 20 pemenang GDI Best tersebut, enam di antaranya meraih penghargaan G-Mark 2021 dan salah satunya terpilih sebagai GDI of the Year. 

Peraih GDI of The Year adalah produk Rekajalin dari BYO Living (PT Berkat Kriya Tritunggal). Produk ini memenuhi kriteria penilaian terbaik dari segi bentuk, fungsi, kualitas, komersialitas dan inovasi. Produk interior berbahan rotan berkualitas dan berbasis budaya yang terinspirasi ornamen relief candi serta corak anyaman suku Dayak ini, melahirkan teknik anyam Holografis Byoliving dengan teknologi komputerisasi.

Prosesi pemberian penghargaannya berlangsung di Great Hall Pos Bloc, Jakarta, (23/11), yang diberikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

GDI adalah ajang penganugerahan yang diberikan kepada desainer atau pelaku usaha di Indonesia yang mampu menghasilkan produk atau karya desain kreatif, inovatif, serta memiliki nilai komersial tinggi di pasar internasional. GDI terkoneksi dengan Good Design Award (GDA), salah satu ajang desain tertua di dunia dan G-Mark di Jepang. Pada penyelenggaraan GDI 2021 kali ini Kemendag bekerja sama dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) ini.

Pada GDI 2021 ini tercatat 427 peserta yang dibagi dalam 18 kategori produk yang mencakup banyak sektor, termasuk kerajinan, home décor, arsitektur, hingga business model. Penjurian Tahap I telah dilaksanakan secara hibrida pada 5—6 Mei 2021 untuk menilai 427 produk yang mendaftar. Sedangkan, penjurian Tahap II dilakukan pada 7, 8 dan 10 Juni 2021 secara hibrid di Auditorium Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Jakarrt untuk menilai 296 produk yang terseleksi.

Dalam sambutannya, Muhammad Lutfi menyampaikan, GDI 2021 ini diharapkan bisa mendorong sistem perekonomian yang baru. “Melalui lima kategori penting, yakni inovasi, nilai kebaruan, bernilai komersial, berorientasi ekspor, serta berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, GDI juga diharapkan mampu mendorong sistem perekonomian yang baru, yakni ekonomi hijau dan ekonomi berkelanjutan,” kata Lutfi.

Selain itu, GDI ini juga menjadi salah satu langkah tepat dalam menjaga kinerja perdagangan di masa yang akan datang. Dengan terkoneksinya GDI dengan ajang Good Design Award atau G-mark, imbuh Lutfi, memberikan peluang dan akses pasar yang lebih luas bagi pelaku bisnis, tidak hanya menuju pasar Jepang tetapi juga pasar global. “Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita atas keberhasilan beberapa produk Indonesia yang berhasil meraih penghargaan G-Mark 2021. Ini menjadi bukti bahwa produk Indonesia dapat bersaing dengan produk luar negeri,” tandas Lutfi.

Beberapa produk pemenang ada yang berupa bahan bangunan yang cukup inovatif, yang tidak saja baik secara desain juga layak diaplikasikan. 

 

 

20 Produk Peraih Predikat GDI Best

No  Nama Produk  Nama Perusahaan  Nama Desainer
1 Bintaro Design District PT. Budi Pradono Architects Budi Pradono, Andra Matin, Danny Wicaksono, Hermawan Tanzil
2 Boana Food Cover PT. Studio Dapur Nusantara Mega Puspita, Alain Bunjamin, Maulana Fariduddin
3 Bobupot  Green Galeria Indonesia Anddys Firstanty, ST, MA, GP, IALI
4 CITYLINE 3 CV. Laksana Kusririn, Luthfan Satya
5 CSW – Cakra Selaras Wahana REKATAMA KONSTRUKSINDO Patrisius Marvin Dalimartha, IAI; Bennedictus Bagustantyo; Dicky Santosa Tanumihardja
6 Ecosavior 45 PT. Eigerindo Multi Produk Industri Oki Lutfi
7 Foja Dining Chair PT. Kriya Selaras Internasional Sita Fitriana
8 FORTIS Radix PT. Pakoakuina Styling Design & Dev. Team
9 Jukung PT. Karya Dua Anyam Eugenio Hendro
10 KUBIKO PT. Continental Panjipratama PT. Continental Panjipratama &  PT. Paira Indonesia
11 Mekar Coffee Table & Side Table VIVERE Group Alvin Tjitrowirjo x VIVERE R&D
12 Mizu Lounge Chair & Ottoman VIVERE Group Abie Abdillah x VIVERE R&D
13 Mukura BYOND PT. Mujur Kurnia Ampuh (Mukura Ceramics) Irianto Purnomo Hadi
14 PoreBlock PT. Teknologi Kanggo Nusantara Bagja M. Rizqi Abdullah; Anisa Azizah; Adi Surya Pradipta
15 Rekajalin PT. Berkat Kriya Tritunggal BYO Living
16 SADA PT. Bana Andaru Nusantara Freddy Chrisswantra
17 SORA-Caladi PT. Bana Andaru Nusantara Freddy Chrisswantra x Franky Isawan
18 Spacebar PT. Katalis Jaya Indonesia Julian Palapa
19 Stanley Marthin Restoration Garage HGT Architects Henry Gunawan
20 Transport Tractor QT- 14E CV. Karya Hidup Sentosa Team Designer QUICK

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking