Ke-3 Kalinya PT Mowilex Raih Sertifikat Bebas Karbon

0

Produsen cat PT Mowilex Indonesia kembali mendapat sertifikat CarbonNeutral® setelah membuktikan mampu memproduksi cat dengan emisi bebas karbon. Ini adalah kali ketiga Mowilex meraih sertifikat tersebut, berdasarkan asemen evaluasi Scope 1,2 dan 3 sesuai dengan ketentuan The CarbonNeutral Protocol. Dengan begitu, perusahaan cat ini berhasil mempertahankan reputasinya, karena mendapat sertifikat dalam tiga tahun berturut-turut.

 

Dalam tiga tahun terakhir, PT Mowilex telah memulai inisiasi efisiesi dalam penggunaan energi untuk air conditioer, penggunaan sistem pencahayaan yang lebih efisien dan mengganti semua peralayan yang berbasis disel dengan listrik, serta mengisulasi sejumlah bangunannya untuk menghemat penggunaan energi.

Pada tahun 2019, Mowilex menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang mendapat sertifikat CarbonNeutral®. Perusahaan ini berkomitment secara penuh menggunakan pasar karbon untuk mencapai Netralitas Karbon, sekaligus mengurangi emisinya di semua operasi dan mengurangi dampak lingkungan secara keseluruhan. Netralitas Karbon adalah upaya menyeimbangkan antara jumlah karbon dioksida atau gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer dengan cara mengurangi emisi gas rumah kaca dalam suatu kegiatan. Pabrikan ini telah memberi label dan secara sukarela mengganti stok produk cat kayu dan metal yang masih mengandung timbal lebih dari 90ppm dengan produk versi baru yang bebas timbal di semua distributor dan tokonya.

PT Mowilex juga akan menjalankan fasilitas pabrik barunya pada kuartal pertama 2022, di mana hal tersebut akan mengurangi emisi karbon dari pabrik utama serta operasional logistik hingga 7 persen. Dari Maret 2020 sampai April 2021, perusahaan telah berhasil mengurasi emisinya hingga 13 persen. Selama pandemi covid-19, seiring dengan kebijakan pemerintah untuk pembatasan mobilitas dan protokol kesehatan, perusahaan mengurangi perjalanan bisnis sampai 82 persen.

“Kami berharap, kami dapat mengadopsi perbaikan ini secara permanen dan terus mengevaluasi sistem kerja kami. Kami terus mencari perubahan yang harus kami terapkan terkait dengan covid-19 ini untuk meminimalkan dampak lingkungan sekaligus menciptakan efisiensi keuangan,” Esther Sugiono, CFO PT Mowilex.

Niko Safavi, CEO PT Mowilex, menandaskan, “Strategi kami jelas, kami memimpin dalam kualitas dan keberlanjutan. Kami telah mendapatkan banyak peringkat kualitas produk yang menunjukkan komitmen itu, kami juga mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas upaya perlindungan terhadap lingkungan dan inisiatif CSR. Baik pengembang properti besar maupun pemilik rumah mempercayai produk kami.” Niko juga menyatakan kalau Indonesia saat ini mengharapkan perusahaan yang menjunjung tinggi etika dan mereka mempercayai merek serta produk yang bertanggung jawab kepada lingkungan.

Pihak Mowilex menyatakan sejak tahun 2020, universitas, pengembang stadion, dan mal mewah telah beralih ke produk PT Mowilex, dengan alasan reputasi perusahaan dalam hal kualitas dan kepemimpinan lingkungan. Dan pada tahun 2021 lalu, PT Mowilex telah membeli karbon offset dari portofolio proyek-proyek bersertifikat, termasuk Rimba Raya REDD+ di Kabupaten Seruyan dan Katingan Mentaya REDD+ di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking