Karya Terbaru Peraih Pritzker Awards 2020

Spirit dan kehidupan di sekitar tapak jadi inspirasinya.

0

Berkiprah lebih dari 40 tahun di dunia arsitek dan dinilai memiliki integritas dan konsistensi dalam desain, Yvonne Farrel (1951) dan Shelley McNamara (1952), pendiri Grafton Architects, tahun ini didapuk sebagai peraih Pritzker Awards 2020.

Penghargaan ini adalah penghargaan bergengsi di dunia arsitek, yang sudah berlangsung sejak tahun 1979. Diberikan oleh Hyatt Foundation, malam penganugerahan unuk gelaran tahun ini diselenggarakan pada awal Maret lalu, sebelum wabah covid-19 merebak di Chicago, Amerika Serikat.

Karakter gedung dari dua arsitek asal Irlandia ini tampak segar dan modern. Juri menilai karyanya memiliki pemahaman mendalam atas “spirit of space”; yang membuat lingkungan, bahkan kota, lokasi gedung itu berdiri, menjadi lebih baik.

Salah satu karyanya yang baru selesai dibangun pada tahun 2019 adalah Université Toulouse 1 Capitole, School of Economics, yang berlokasi di Toulouse, Prancis.

Kampus seluas 18.000 m2 ini didesain dengan konsep sebagai kampus yang didesain sebagai tempat penelitian dan pendidikan yang menyenangkan. Penataan massa dan ruang-ruangnya dibuat sedemikian rupa, sehingga membebaskan udara alami, dan cahaya bersirkulasi baik.

Setiap ruang memiliki orientasi vista masing-masing dan pada bagian jendela dipasang bar dengan ketinggian tertentu untuk keamanan, juga estetika.

Aktivitas kampus sendiri, secara histori sudah menjadi bagian dari kehidupan Kota Toulouse. Kehidupan sosial dan fisik kota tersebut, yakni dinding-dinding bata gedung lawas, ramps, ruang dalam yang berkesan misterius, biara dan courtyard, menjadi inspirasi perancangan kampus ini.

Sesuai dengan lokasi tapaknya, bangunan TSE ini seperti jadi bagian dari Gereja St.Pierre des Cuisine dan menutup pemandangan dari Square. Sekilas pemandangan dari arah kanal di seberang tapaknya, gedung baru ini seperti tak beda dengan gedung-gedung di sekitarnya, baik karena material pelapis fasade maupun ketinggiannya. *AY

(Siapa Graton Architects dan apa saja karya fenomenalnya dapat dilihat di majalah MyHome, edisi mendatang)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking