Mowilex Tukar Stok di Toko dengan Produk Baru

0

 

Dalam rangka menjaga kualitas mutu produk, perlindungan konsumen dan lingkungan, PT Mowilex Indonesia menggelar kampanye berlabel “Mowilex Pasti Aman”. Programnya adalah menarik semua produk cat kayu dan besi yang diproduksi sebelum tahun 2019, dari semua toko, gerai dan distributor di seluruh Indonesia, untuk menggantinya dengan produk yang lebih baru (replacement programme). Produk pengganti ini memiliki kadar timbal kurang dari 90 ppm.

“Paparan timbal merupakan masalah utama kesehatan masyarakat, dan Mowilex Indonesia telah menginvestasikan waktu dan sumber daya secara signifikan untuk mengatasi bahayanya,” kata CEO Mowilex Indonesia, Niko Safavi, seperti disampaikan pada rilis yang diterima MyHomes.tv, (7/9).

Kampanye ini berlangsung sejak 1 September hingga 31 Desember 2021. Semua toko bisa berpartisipasi dengan hanya mengisi formulir yang bisa diunduh dari laman khusus di https://mowilexpastiaman.mowilex.com. Penggantian produk akan dilakukan secara cuma-cuma.

Diselenggarakannya program ini, karena Mowilex menyadari bahwa timbal termasuk bahan berbahaya bagi manusia, kalau terakumulasi dalam jumlah tertentu. Apalagi anak-anak, yang menurut penelitian, tubuh mereka bisa menyerap 4-5 kali lebih banyak daripada tubuh orang dewasa. Paparan yang berlebihan itu bisa memicu gangguan intelektual dan meningkatkan risiko masalah perilaku. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa dampak paparan timbal ini bernilai 977 miliar dolar AS setiap tahunnya, dan beban terbesar diderita oleh keluarga di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

Mowilex Indonesia sudah menyetop produksi cat kayu dan metal untuk warna tertentu yang mengandung timbal sejak 2019. Dua tahun lebih cepat daripada batas waktu yang ditetapkan oleh the Global Alliance to Eliminate Lead Paint. Aliansi di bawah WHO dan the United Nations Environment Programme ini, melaporkan bahwa 79 negara sudah mengikuti ketetapan tentang ambang kandungan timah pada produk cat, baik yang diproduksi sendiri, dan impor, per Desember 2020.

Nilai toleransi ambang kandungan timbal itu berbeda di setiap negara dan rentangnya sangat besar. Seperti Amerika Serikat menetapkan ambang sebesar 90 parts per million (ppm), dan Swiss sebesar 100 ppm. Sementara di Australia dan Selandia Baru hingga 1000 ppm, dan Indonesia setinggi 600 ppm, di mana secara bertahap akan diturunkan hingga 90 ppm.

Mowilex sendiri, untuk produk cat kayu dan metalnya, menggunakan patokan ambang 90 ppm. Untuk mencapai titik tersebut, Mowilex melakukan pembenahan formula selama 2 tahun, yang kemudian menghasilkan cat khusus kayu dan besi yang berbasis safer oil/solvent-based.

“Mowilex Indonesia sudah mengambil langkah drastis dengan menyetop produk cat kayu dan besi pada Mei 2019. Akibatnya kami memang harus kehilangan pendapatan sementara proses pengembangan formula baru, tetapi hal ini terus dilakukan demi etika dan tanggung jawab terhadap Bumi dan kesehatan,” papar Niko Safavi. Kepedulian ini membuat anak perusahaan dari Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd. ini, bisa meraih “Gold Plus Rate” dari Green Label Indonesia.

“Kampanye “Mowilex Pasti Aman” ini perlu ditekankan sebagai wujud komitmen produsen cat kepada keselamatan konsumen dan produk. Kami berharap hal ini bisa memberi produsen cat lain untuk melakukan aksi serupa, sehingga dapat memberi dampak positif bagi Indonesia,” kata Hendrata Atmoko, ChairmanGreen Product Council Indonesia.

Kenapa hal ini perlu, Hendrata mengingatkan, sebab saat ini 80 persen waktu kita dihabiskan di dalam rumah. Sebelumnya kalaupun tidak di dalam rumah, tetapi di dalam gedung, terutama perkantoran. “Sayangnya belum semua masyarakat paham akan dampak negatif dari cat yang mengandung timbal ini. Kami sangat mendukung upaya Mowilex Indonesia untuk mengedukasi konsumen terkait dengan produk hijau dan aman,” tandas Atmoko.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking