Accor Stadium, Nama Baru Stadion Australia

0

Salah satu tengara kota Sydney yang berada di tengah Sydney Olympic Park (430 ha), Sabtu (27/11) lalu secara resmi bersalin nama jadi Accor Stadium. Stadion berkapasitas 83.500 tempat duduk ini bernama resmi Stadion Australia, namun sempat berlabel Stadion ANZ.

Stadion ini adalah arena pertandingan utama serta pembukaan gelaran Olimpiade dan Paralympic 2000. Selain juga pernah jadi tempat konser musisi kelas dunia, seperti AC/DC, U2 and Ed Sheeran. Nama baru itu dipakai secara resmi pada pertandingan sepakbola wanita internasional, pada Minggu, 27/11, sekaligus menandai pembukaan kembali setelah ditutup sejak Juni 2021.

Accor mendapat hak atas nama (naming right) stadion tersebut karena operator hotel berjaringan terbesar di kawasan Pasifik ini menjadi sponsor utama atas pengelolaan dan penambahan fasilitas baru di stadiun tersebut, menyusul dikeluarkannya ijin kerjasama pemerintah dan swasta oleh pemerintah New South Wales (NSW). Proses peremajaan stadion ini sempat terkatung-katung, semenjak pemerintah wilayah NSW pada Mei 2020, membatalkan anggaran pengerjaannya sebesar 810 juta dolar Australia.

Termasuk dalam pengerjaan peremajaan tersebut, selain penambahan beberapa fasilitas dan ruang. stadion juga memiliki layar video LED sebesar 1.200 m2. Digadang-gadang layar ini akan menjadi yang layar LED di stadion terbesar di dunia. Layar raksasa ini akan menjadi ciri khas Stadion Accor dan memberi pengalaman berbeda bagi para penonton dan pengunjung stadion ini.

Kementerian olah raga NSW, Natalie Ward, mengatakan kalau senang bermitra dengan Accor atas penamaan stadion tersebut. “NSW terbuka untuk bisnis dan kami sangat senang kalau para warga lokal dan pengunjung, baik antarnegara bagian maupun internasional, akan dapat merasakan tempat olahraga dan hiburan yang fantastis seperti Stadion Accor ini,” ucapnya. Stadion ini, imbuh Ward, akan berperan penting mulai tahun 2022 dan tahun-tahun mendatang.

CEO Stadion Australia, Daryl Kerry, menyatakan stadion ini sudah dikunjungi lebih dari 30 juta orang sejak dibuka menjelang Olimpiade 2000, dan penamaan ini menandai era baru bagi stadion tersebut. “Kami sangat gembira bermitra dengan Accor dan mengundang para penonton untuk hadir ke acara-acara besar kelas dunia yang diselenggarakan di stadion ini,” ucap Kerry. Stadion ini, tambah Kerry, mempunyai banyak fasilitas ruang dengan beragam ukuran dan kapasitas, yang bisa digunakan untuk aneka perhelatan, baik bisnis, komunitas dan budaya.

Simon McGrath, CEO of Accor Pacific, mengatakan, “Accor berdedikasi untuk menciptakan pengalaman luar biasa bagi pelanggan kami, dan Stadion Accor sejalan dengan visi ini. Kami sangat bangga dengan kemitraan ini, yang merupakan investasi dalam pengalaman tanpa batas yang menyatukan orang, mulai dari konser kelas dunia, hingga acara olahraga dan keluarga,” kata McGrath.

McGarth mengimbuhi, “Komitmen ini sekaligus menegaskan dukungan kami untuk pariwisata, perhotelan, acara, dan perjalanan, yang memainkan peran penting dalam budaya kita.” Penamaan stadion tersebut juga melengkapi ALL-Accor Live Limitless, loyalty program Accor, selain juga menambah portofolio Accor yang berpengalaman atas pengelolaan banyak hotel, apartemen and resort.

Di dalam area Sydney Olympic Park, Accor mempunyai empat hotel dengan kelas-kelas berbeda, yaitu brand Pullman (218 kamar), Novotel (177 kamar) serta ibis (144 kamar) dan ibis budget (156 kamar). Di seluruh dunia, operator yang membawahi 39 brands ini, memiliki 5.100 hotel yang tersebar di 110 negara.

Accor sendiri sudah memulai bisnis di Sydney sejak 30 tahun yang lalu, dengan membuka Hotel Novotel (230 kamar) di daerah Darling Harbour. Saat ini, di wilayah tersebut, Accor mengelola 395 hotels, resorts dan apartemen, serta 18.000 team members.

Hak penamaan stadion ini bukanlah pertama dan satu-satunya bagi Accor. Operator akomodasi wisata asal Prancis ini juga mendapat hak nama atas stadion dan gedung konser ternama di Paris. Accor Arena sebelumnya berlabel Palais Omnisports de Paris Bercy (POPB). Hak nama tersebut berumur 10 tahun, sejak peresmiannya tahun 2015. Seperti pernah disampaikan oleh Sebastien Bazin, Chairman dan CEO Accor, Accor Arena adalah wahana pamer hospitalita Prancis, yakni welcoming, hangat dan inovatif. Arena ini juga disiapkan untuk menjadi salah satu venue utama pada Olimpiade dan Paralympic 2024 yang akan dilaksanakan di Paris, di mana Accor menjadi mitra resmi penyelenggaraan acara internasional tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

website free tracking